• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Menjadi seorang wirausaha merupakan pilihan bagi sebagian orang sebagai profesinya. Tentu saja, menjadi seorang wirausaha bisa mendapatkan penghasilan yang lebih jika dibandingkan menjadi seorang karyawan. Namun, hal tersebut juga harus diimbangi dengan ketekunan dan etos kerja yang tinggi.


Untuk memulai sebuah bisnis sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun seringkali orang merasa minder untuk memulai bisnis yang ingin dijalaninya karena hanya memiliki modal kecil. Tahukah Anda? Jika modal kecil bukan menjadi masalah bagi Anda untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sukses.


Jika Anda bisa mengelola modal tersebut untuk bisnis yang akan dijalankan, tentu tidak menutup kemungkinan bagi diri Anda sendiri untuk bisa meraup banyak keuntungan. Akan tetapi, agar bisa mencapai hal tersebut ada beberapa strategi yang harus dilakukan.


1. Tentukan Jenis Usaha yang Akan Anda Tekuni


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa sukses meski dengan menggunakan modal yang kecil ialah dengan menentukan jenis usaha yang akan digeluti. Meski saat ini ada banyak sekali jenis usaha yang bisa Anda jalankan, akan tetapi belum tentu Anda cocok dengan jenis usaha tersebut.


Nah, bagi Anda pemilik modal kecil, bukalah usaha sederhana terlebih dahulu seperti usaha makanan ringan, warung sembako atau lainnya yang hanya membutuhkan modal kecil. Tentu tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika tekun dalam menjalaninya.


2. Melakukan Riset Pasar


Langkah selanjutnya untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sukses ialah dengan melakukan riset pasar. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan riset pasar seperti, peluang usaha yang bisa Anda kembangkan di masyarakat serta dapat menentukan pesaing yang mempunyai usaha sama.


Bahkan, dengan melakukan riset pasar ini Anda juga bisa mendapatkan referensi usaha, bagaimana cara mengelola usaha tersebut hingga bisa bertahan di tengah persaingan. Tentu saja, berbagai macam informasi tersebut tidak bisa Anda dapatkan begitu saja jika tidak melakukan riset pasar.


3. Hitung Modal yang Harus Dikeluarkan


Langkah berikutnya ialah dengan menghitung modal yang harus Anda keluarkan. Terlebih, jika Anda para pemilik modal kecil, hal satu ini harus dipertimbangkan dengan baik. Lakukan perhitungan dengan teliti. Perhatikan dengan baik hal-hal apa saja yang harus Anda beli agar modal yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar.


Jika dirasa modal yang harus Anda keluarkan masih terlalu besar, maka Anda bisa mencari alternatif lainnya untuk memangkas modal yang harus Anda keluarkan.


4. Lakukan Penghematan Pada Biaya Operasional yang Bisa Ditekan


Bukan hal mudah untuk bisa menjadi wirausahawan sukses hanya dengan modal kecil. Mengelola keuangan menjadi salah satu kunci bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.


Nah, tahukah Anda jika dalam menjalankan sebuah usaha, ada yang namanya biaya tetap dan biaya variabel. Untuk biaya tetap, tentu Anda sudah tidak bisa mengotak-atiknya lagi. Namun, biaya variabel masih bisa Anda ubah sesuai dengan jumlah modal yang dimiliki.


Untuk menyiasati modal yang kecil, Anda bisa menekan seminimal mungkin biaya variabel agar pengeluaran yang harus Anda keluarkan tidak terlalu membengkak.


5. Tentukan Lokasi Usaha Tanpa Harus Menyewa


Menyewa tempat usaha tentu akan membuat pengeluaran menjadi lebih banyak. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan menentukan tempat untuk usaha Anda tanpa harus melakukan sewa. Anda bisa memanfaatkan garasi rumah yang kosong untuk tempat usaha Anda.


Tak hanya itu, bahkan Anda juga bisa membuka usaha secara online. Bisnis online ini tentu tidak membutuhkan lapak dengan harga sewa yang tinggi.


6. Andalkan Kemampuan yang Dimiliki


Untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sukses meski hanya memiliki modal kecil, sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Yakinlah bahwa Anda mampu mengatasi berbagai macam masalah yang ada dan membuka peluang di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini.


Dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri hal tersebut mampu membuat Anda menjadi lebih percaya diri untuk membangun usaha sendiri.


7. Manfaatkan Barang-Barang yang Masih Layak dan Bisa Digunakan


Modal yang kecil memang selalu menjadi kendala untuk bisa memulai sebuah bisnis. Dengan modal yang kecil tentu akan membuat Anda harus mengatur keuangan dengan baik. Nah, dibandingkan Anda harus menghabiskan semua modal yang dimiliki, lebih baik Anda menggunakan beberapa barang yang masih layak untuk digunakan.


Jika Anda tidak memiliki barang yang masih layak untuk digunakan, Anda juga bisa membeli barang bekas atau barang second yang masih bisa digunakan. Tentu, harga dari barang second lebih murah jika haru membeli barang baru.


8. Pilihlah Bahan Baku dengan Harga yang Murah


Dengan modal yang kecil tentu membuat Anda harus memutar otak untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Selain bisa melakukan beberapa hal di atas, Anda juga bisa melakukan poin yang satu ini, yaitu dengan memilih bahan baku dengan harga yang lebih murah.


Namun, jangan sampai juga Anda mengesampingkan kualitas dari bahan baku tersebut. Karena hal ini akan berakibat pada kualitas produk yang akan Anda jual nantinya. Anda bisa mencari kulakan yang menjual bahan baku dengan harga lebih terjangkau.


Akan tetapi, ada kalanya juga bahan baku yang dijual dengan harga mahal akan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Nah, Anda bisa membeli bahan baku tersebut lebih banyak untuk dijadikan sebagai stok. Namun, pastikan bahwa bahan baku tersebut adalah bahan baku yang tidak mudah busuk seperti bahan makanan atau yang lainnya.


9. Tidak Perlu Merekrut Karyawan


Jika Anda baru memulai usaha, alangkah baiknya untuk tidak merekrut karyawan terlebih dahulu. Namun, jika Anda tetap membutuhkan bantuan dari orang lain untuk usaha yang Anda jalankan tersebut, pastikan bahwa Anda tidak merekrut terlalu banyak karyawan.


Dengan demikian, Anda bisa menekan biaya pengeluaran seminimal mungkin dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya. Nah, satu tips yang bagi Anda yang ingin membuka sebuah usaha, alangkah baiknya untuk menjalankan usaha sendiri.


Selain bisa menekan biaya pengeluaran, hal tersebut juga membuat Anda bisa menikmati segala proses dalam memulai sebuah usaha. Hal tersebut pun bisa membuat Anda bisa membaca keinginan pasar dengan mudah dan mencari jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.


10. Lakukan Promosi dengan Menggunakan Media Sosial


Langkah terakhir untuk bisa menjadi wirausahawan sukses meski hanya memiliki modal kecil ialah dengan melakukan promosi di media sosial. Ya, media sosial memiliki pengaruh sangat besar untuk membuat usaha yang sedang Anda geluti menjadi lebih maju.


Hal ini karena media sosial menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Selain itu, dengan melakukan promosi lewat media sosial juga akan menekan biaya pengeluaran, Anda tidak perlu membuat banner, spanduk atau media iklan lainnya untuk mempromosikan produk yang akan dipasarkan.


Tidak ada hal yang tidak mungkin untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sukses meski Anda hanya memiliki modal yang kecil. Asal ada niat dan tekad yang kuat, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Jangan lupa juga untuk melakukan 10 strategi di ata agar Anda bisa sukses dengan usaha yang dijalankan.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved