• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Zaman sekarang makin banyak orang yang mulai tertarik berjualan online. Jualan online seolah menjadi sebuah trend untuk tetap berpenghasilan dari rumah. Kini bahkan jualan online tidak hanya menjadi penghasilan sampingan, tapi bisa dijadikan penghasilan utama.

Banyak orang yang sudah membuktikan keberhasilan berjualan online sebagai penghasilan utamanya. Penghasilan yang mampu meningkatkan taraf hidupnya. Ada yang berhasil jualan online di bidang kelas online berbayar, fashion, makanan ringan, obat tradisional, kosmetik, dan lain sebagainya. Tidak perlu malu berjualan selagi halal, kenapa tidak?

Mungkin ada yang takut gagal jika berjualan online. Padahal ketika gagal, kamu bisa mempelajari bagian mana yang harus diubah supaya masuk dalam siklus keberhasilan.
Penjual online wajib tahu! Ada 3 siklus keberhasilan dalam berjualan.

1. Yakin

Awalnya harus yakin. Yakin dengan produknya. Ketika kamu yakin dengan produknya, kamu pasti bisa meyakinkan pembeli untuk memiliki produknya. Bagaimana kamu mau meyakinkan pembeli kalau kamu sendiri tidak pernah yakin dengan produknya. Entah bagaimana pun caranya kamu mempromosikan produk, ujung-ujungnya adalah membuat calon pembeli kamu yakin.

Misalnya:

o    Penyelenggara kelas menulis online harus yakin bisa menyampaikan ilmu dan membuat peserta bisa menerapkan ilmunya.

o    Member emas logam mulia harus yakin bisa membuat konsumen merasa untung menabung emas jangka panjang.

o    Mitra MLM harus yakin bisa menjual produk yang bermanfaat dan yakin bisa membina mitra yang direkrutnya sampai berhasil.

o    Penjual sayur harus yakin sayurnya masih segar dan layak dikonsumsi.

o    Seperti Penjual skincare harus yakin produknya aman dan bikin kulit sehat.

o    Penjual buku harus yakin isinya bermanfaat bagi pembacanya.

o    Dan lain-lainnya.

2. Praktik

Selanjutnya masuk ke siklus praktik atau action. Yang dimaksud praktik di sini adalah membeli produk. Penjual online harus rela mengeluarkan modal untuk persediaan produk. Sebaiknya sebagai penjual harus sudah menggunakan produknya terlebih dahulu sebelum dijual. Jadi, tidak hanya menjual produk, tetapi juga digunakan untuk pribadi.

Kenapa penjual harus menggunakan produknya juga? Supaya lebih bisa menjelaskan dan menceritakan produknya secara terperinci sesuai pengalamannya kepada konsumen. Dengan demikian, calon pembeli akan rela mengeluarkan uangnya untuk sebuah produk yang diyakini ada manfaatnya.

3. Hasil

Terakhir adalah siklus hasil. Hasil dari penggunaan produknya. Apakah hasilnya sesuai dengan apa yang diinformasikan sebelumnya.

Kalau hasilnya terbukti jelas manfaatnya, maka pembeli akan merasa makin yakin dengan produknya. Ketika pembeli makin yakin, maka akan ada peluang untuk melakukan repeat order yang tinggi.

Tidak menutup kemungkinan nantinya pembeli mau merekomendasikan produk kamu ke teman-temannya. Mungkin juga nantinya pembeli itu akan tertarik menjadi reseller kamu. Kamu pun akan mendapatkan omset yang sangat banyak.

Jadi, sebaiknya penjual online memilih produk yang dia sendiri itu sangat yakin menjualnya. Yakin bisa produknya bermanfaat dan harganya masuk akal bagi pembeli. Bukan mustahil siklus keberhasilan dalam berjualan akan tercapai oleh kamu.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved