• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Peran Akuntansi

1. Sebagai tolak ukur dari kemajuan perusahaan. Dari proses akuntansi yang disusun dengan baik, rapi dan benar sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang ada, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang baik. Begitu pun sebaliknya.

2. Sebagai adanya sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan keuangan dan juga berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap kondisi serta adanya aktivitas ekonomi perusahaan.

3. Dalam kaitannya dengan aktivitas ekonomi bangsa, pajak suatu perusahaan yang wajib dipenuhi pada negara juga dapat dihitung menggunakan akuntansi.

4. Sebagai alat pertimbangan bagi investor di dalam ataupun luar negeri yang ingin melakukan investasi pada suatu perusahaan.

Manfaat Akuntansi

1. Sebagai Sarana Perencanaan, Koordinasi, Pengawasan, serta Pengendalian

Manfaat akuntansi yang pertama adalah dapat digunakan sebagai alat pelaporan kepada manajer yang menjadi pihak internal dalam kaitan langsung dengan perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan yang disajikan melalui proses akuntansi untuk keperluan perencanaan (planning), koordinasi, pengawasan, serta pengendalian kondisi dan keuangan perusahaan.

2. Sarana Perencanaan dan Menetapkan Aktivitas Perusahaan

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai sarana perencanaan dan menetapkan apa saja aktivitas perusahaan. Laporan keuangan sendiri nantinya akan menyajikan data aset kas maupun non kas dari perusahaan tersebut. Sebagai kepentingan operasional perusahaan membutuhkan data aset tersebut agar diketahui secara valid dan akurat mengenai kondisi likuiditas perusahaan.

Sehingga dengan terencana dengan jelas tersebut maka dapat ditentukan bahwa perusahaan apakah mampu melakukan pembelian, membayar hutang, dan alokasi sumber daya ekonomi yang lainnya.

3. Dasar untuk Menghitung Pajak

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai dasar untuk menghitung pajak. Perusahaan sendiri memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi tersebut akan disesuaikan dengan kondisi dari laba perusahaan.
Laba atau keuntungan yang telah diperoleh perusahaan dalam suatu periode tertentu akan dapat diketahui melalui adanya proses akuntansi. Selain itu, kebijakan pajak perusahaan juga akan dapat ditentukan dengan menganalisis laporan keuangan

 Untuk Memperoleh Pinjaman dari Kreditor

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai sarana untuk memperoleh pinjaman dair kreditor. Kreditor sebagai sarana peminjaman modal biasanya akan memiliki persyaratan tertentu seperti rasio likuiditas perusahaan yang harus bagus. Rasio ini nantinya dapat dihitung melalui adanya laporan keuangan.

Caranya adalah dengan membandingkan aset-aset terhadap utang lancar pendeknya. Nantinya, para kreditur ini bisa dari pihak lembaga perbankan ataupun lembaga-lembaga yang lainnya.

5. Menyediakan Informasi Keuangan Bagi Investor

Dalam kegiatan ekonomi, pastinya semua pihak akan berhati-hati jika akan melakukan investasi, tak terkecuali investor. Manfaat akuntansi sendiri dalam proses ini adalah dapat memberikan informasi keuangan kepada investor.

Investor biasanya akan tertarik untuk berinvestasi dalam jumlah uang yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, dibutuhkan sikap waspada dan pertimbangan yang matang untuk memutuskan apakah investor sendiri nantinya jadi menyerahkan uangnya atau tidak kepada sebuah perusahaan.

6. Menjadi bahan pertimbangan bagi Rekan Bisnis

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai pertimbangan untuk seseorang apakah nantinya perusahaan lain yang memiliki kondisi keuangan kurang baik akan dapat kita tentukan karena dapat menimbulkan kerugian bagi kita. Hal tersebut jelas karena perusahaan menginginkan memperoleh keuntungan dari setiap hubungan bisnisnya. Maka kondisi sebuah perusahaan yang baik atau tidak tercermin dalam laporan keuangannya.

7. Merupakan Alat Pertanggungjawaban

Manfaat akuntansi yang terakhir adalah sebagai alat pertanggungjawaban. Pertanggungjawaban sendiri dimulai dari manajer yang menetapkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan, termasuk dalam hal kebijakan keuangan. Kebijakan-kebijakan tersebut berjalan dengan baik atau tidak, dapat mudah diketahui melalui laporan keuangan akhir periode perusahaan



 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved