• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Apa itu Buffer Stock?

Pada dasarnya, buffer stock adalah suatu metode yang digunakan agar bisa menjaga kestabilan harga pasar yang bergerak sangat fluktuatif. Di masa panen, biasanya akan ada produk atau saham yang dibeli lalu disimpan. Tujuannya adalah agar bisa mencegah jatuhnya harga sampai pada tingkat harga atau perkiraan targetnya.

Lalu, barang atau saham tersebut akan dilepas untuk dijual lagi saat kondisi ekonomi sedang terpuruk. Tujuannya adalah demi mencegah meningkatnya harga sampai batas yang tidak normal.

Pengertian Buffer Stock

Di masa panen, biasanya akan ada banyak saham atau produk yang dibeli lalu disimpan terlebih dulu. Karena pada saat itu, kondisi ekonomi sedang stabil dan kemampuan orang untuk membeli pun sangat baik. Oleh karena itu, produk atau saham akan disimpan terlebih dulu.

Tujuannya adalah agar tidak terlalu banyak tersebar di pasar dan bisa disimpan hingga dijual kembali ketika kondisi ekonomi sedang tidak berjalan dengan baik.

Nantinya, akan ada suatu kondisi di mana masa panen sedang menurun. Di saat itulah harga barang dan saham akan melonjak. Dalam kondisi tersebut, maka saham atau barang yang sebelumnya disimpan akan dikeluarkan di pasar. Sehingga, harga tidak akan meningkat dan tetap masuk akal.

Pentingnya Menghitung Buffer stock

Buffer stock sangat diperlukan ketika ingin menetapkan target pengadaan. Metode ini akan sangat membantu dalam memastikan bahan makanan di berbagai era di dalam suatu negara. Karena tidak semua daerah mempunyai kondisi kekayaan yang sama, maka dengan menggunakan metode buffer stock, daerah yang kekurangan akan terbantu.

Buffer stock pun akan sangat membantu bila ada salah satu daerah dalam suatu negara yang mengalami bencana alam atau terjangkit hama dan penyakit pada tanaman panennya. Sehingga, kebutuhan pangan bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, buffer stock pun sangat berguna bila terjadi kondisi cuaca yang ekstrim, seperti kekeringan atau terlalu dingin.

Selama bisa dikelola dengan baik, maka buffer stock pun akan bisa didistribusikan pada target sasaran yang tepat. Persediaan pun bisa dikirim secara cepat pada daerah yang sedang mengalami kesulitan. Mereka yang mengalami kesulitan bisa sangat terbantu dan bisa tetap tercukupi kehidupannya.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved