• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Dosen harus menerbitkan karya tulisnya dalam bentuk jurnal. Tujuannya adalah agar penelitian yang telah dilakukan dapat menjadi acuan bagi peneliti lain, terutama acuan dalam menentukan apakah penelitian tersebut perlu diperbaiki atau dilanjutkan.

Bagaimana cara menulis jurnal dari hasil penelitian skripsi atau tesis? Simak uraian berikut ini:

 

Jurnal dan skripsi memiliki struktur penulisan yang hampir sama. Hanya saja, penulisan jurnal jauh lebih ringkas dan padat. Jika skripsi berkisar 60-100 halaman, tesis 120-200 halaman, sementara jurnal hanya 15 sampai 20 halaman.

Cara menulis jurnal dari penelitian skripsi ataupun tesis yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Judul

Dalam hal ini, penulis boleh menggunakan judul yang sama dengan judul skripsinya. Dengan syarat judul tersebut tidak lebih dari 12 kata dan mudah dipahami. Sedangkan jurnal bahasa inggris tidak boleh lebih dari 10 kata. Judul ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.

2. Nama Penulis

Jurnal harus dilengkapi dengan identitas penulis seperti nama, nama dosen pembimbing, program studi, fakultas, universitas, dan email penulis. Nama yang ditulis tidak menggunakan gelar, termasuk gelar dosen pembimbing. 

3. Abstrak

Abstrak pada jurnal hampir sama dengan abstrak skripsi. Ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui isi jurnal sebelum membacanya lebih lanjut.

Abstrak ditulis minimal 150-200 kata yang terdiri dari tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan. Ditulis dengan satu  spasi dan dilengkapi dengan kata kunci. Minimal 3 kata kunci yang ada kaitannya dengan judul.

4. Pendahuluan

Pada pendahuluan dikemukakan apa permasalahan yang akan dibahas, kasus apa yang ditemukan di lapangan dan teori siapa yang digunakan. Pendahuluan juga dilengkapi dengan rumusan masalah dan tujuan penulisan. Ditulis minimal 2 hingga 3 halaman.

Selain itu, pendahuluan harus ditulis semenarik mungkin,  agar pembaca tidak kecewa dan terus mengikuti bab selanjutnya.

5. Metode Penelitian

Metode penelitian juga harus dicantumkan dalam jurnal, hanya saja lebih singkat dibanding metode penelitian skripsi. Metode penelitian jurnal hanya memuat pendekatan penelitian yang digunakan, metode pengumpulan data, dan teknik analisis data.

6. Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini, kemukakan hasil temuan lapangan dan pembahasan dengan ringkas. Cukup copy paste dari skripsi, namun uraikan bagian penting atau inti-intinya saja. Hasil dan pembahasan tidak lebih dari  6 halaman.

7. Kesimpulan

Kesimpulan bisa diambil dari skripsi, namun tetap diringkas. Pada bagian kesimpulan juga dikemukakan keterbatasan penelitian, bisa dari segi teori maupun metode. Selain itu, implikasi penelitian juga sangat diperlukan, baik implikasi praktik maupun implikasi teoritik.

8. Daftar Pustaka

Sama dengan skripsi, jurnal juga harus dilengkapi dengan daftar pustaka. Bagaimana cara menulis daftar pustaka? Simak pada artikel saya yang sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai cara menulis jurnal dari hasil penelitian skripsi atau tesis. Semoga bermanfaat, dan selamat menulis.

Terimakasih,

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved