• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Apa Itu Digital Marketing? 

Secara teori, digital marketing adalah usaha seseorang/perusahaan untuk memasarkan produk melalui media komunikasi digital. Adapun media komunikasi digital yang dimaksud di sini antara lain media sosial, website, e-mail, dan video.


Berdasarkan tujuannya, pemasaran digital dibuat untuk memikat calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Jika produk baru dirilis, pemasaran digital menjadi sarana terbaik untuk membangun brand awarness di mata masyarakat. 


Kelebihan Pemasaran Digital

Jika dibandingkan dengan offline marketing communication seperti TV, radio, majalah, reklame, dan koran, teknik pemasaran digital memiliki kelebihan seperti:


Mudah Dievaluasi

Keuntungan yang pertama adalah teknik pemasaran digital lebih mudah dievaluasi daripada offline marketing communication. Misalkan saja, Anda memilih membuat kampanye melalui media Instagram. 


Setelah informasi diposting, Anda bisa mendapatkan informasi secara praktis terkait berapa banyak orang yang melihat konten kampanye, kondisi demografi audiensi, sampai durasi rata-rata audiensi saat menonton/membaca konten kampanye.


Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi terkait baik buruknya kampanye tersebut. Ke depannya, hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efektif. 


Jangkauan Lebih Luas

Seperti yang kita tahu, hampir seluruh orang di dunia terhubung oleh internet. Inilah alasan mengapa melakukan pemasaran secara online dinilai dapat menjangkau calon konsumen lebih luas. 


Lebih Murah dan Efektif

Tahukah Anda berapa kisaran harga bagi sebuah brand untuk mengiklankan produknya di TV Nasional? Paling tidak mereka menghabiskan dana mulai dari Rp14 juta sampai Rp100 juta untuk durasi iklan sekitar 30 detik. 


Nominal tersebut jelas lebih mahal jika dibandingkan dengan teknik digital marketing. Dengan dana terbatas Anda tetap bisa melakukan pemasaran melalui channel-channel yang bersifat organik/gratis seperti media sosial, content marketing, SEO, dan customer relationship management (CRM) seperti e-mail marketing.


Jenis Digital Marketing

Berikut ini beberapa jenis atau channel-channel pemasaran digital yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. 


SEO

Search engine optimization (SEO) bisa jadi pilihan terbaik kalau Anda ingin melakukan branding produk dalam jangka waktu yang lama serta dana terbatas. Biasanya teknik ini dilakukan untuk menaikkan peringkat suatu website agar bisa muncul di halaman pertama dalam pencarian Google. 


SEM

Berbeda dengan SEO yang dapat diaplikasikan secara gratis, search engine marketing (SEM) termasuk channel pemasaran digital berbayar. Biasanya pihak yang beriklan akan dikenakan biaya SEM setiap pengunjung melakukan klik atau biasa disebut dengan pay per click. 


Social Media Marketing

Teknik selanjutnya adalah social media marketing. Pada dasarnya channel ini bisa diaplikasikan secara gratis, tetapi juga ada layanan yang berbayar. Beberapa platform yang biasanya digunakan untuk SMM adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. 


CRM

Salah satu channel paling terkenal untuk jenis customer relationship management (CRM) adalah e-mail marketing. Jadi, setiap kali perusahaan/brand mengadakan kampanye, mereka akan mengirimkan pemberitahuan melalui e-mail. 


Cara ini lebih efektif untuk mempertahankan pelanggan yang pernah melakukan transaksi, alih-alih mencari pelanggan baru. 


Display Ad Network

Satu lagi teknik pemasaran digital yang berbayar adalah display ad network. Kalau Anda pernah menemukan iklan di samping kanan atau kiri pada suatu portal berita, inilah yang dinamakan dengan display ad network. 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved