• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Sebelum bernama Android 10, sistem baru ini diberi nama Android Q. Mungkin bagi kamu yang memang pengguna setia Android, pastinya sudah cukup familiar bahwa Android biasanya menggunakan nama makanan untuk versi terbaru mereka, seperti Lollipop dan Marshmallow.

Maka dari itu, banyak yang memprediksi bahwa Android Q pada nantinya juga akan diberi nama makanan seperti Quesadilla atau Quiche. Namun ternyata, Google justru memilih nama yang jauh lebih sederhana dan berbeda, yaitu dengan merilis Android 10.

 

Fitur-Fitur Unggulan Android 10

1. Dark Mode

Fitur untuk mengenal Android 10 yang pertama dan sangat populer di kalangan masyarakat yaitu dark mode. Tidak hanya membuat tampilan layar menjadi gelap seperti namanya, namun fitur dark mode ini juga diklaim dapat membantu dalam menghemat baterai ponsel.

 

2. Live Caption

Selanjutnya ada fitur live caption yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan caption pada video yang mereka buat, layaknya seperti subtitle pada film. Sehingga melalui adanya fitur ini, kamu bisa lebih mudah dalam memahami pembicaraan yang disampaikan oleh sang pembuat video. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan akses internet untuk bisa menikmati fitur ini.

 

3. Sound Amplifier

Dalam mengenal Android 10, kamu juga akan menemukan fitur baru yang tak kalah memukau, yaitu sound amplifier. Jika kamu senang membuat karya video, maka fitur satu ini akan sangat membantu karena dapat mengurangi suara yang mengganggu. Bahkan, kamu juga bisa mengaturnya sesuai keinginan.

 

4. Smart Reply

Terkadang mungkin ada saatnya kamu malas berpindah aplikasi hanya untuk membalas pesan. Nah, adanya smart reply kamu tidak perlu membuka aplikasi satu per satu lagi, karena kamu sudah bisa berpindah ke aplikasi yang relevan dari pop-up notifikasi yang akan muncul di layar.

 

5. Family Link

Selanjutnya ada fitur family link. Bagi para orang tua yang tengah was-was karena memiliki anak remaja yang sedang melalui pubertas ataupun untuk mengontrol penggunaan teknologi pada balita dan anak-anak, fitur ini bisa sangat membantu lho. Karena pasalnya, fitur satu ini memungkinkanmu untuk memantau seluruh aktivitas anggota keluarga dalam menggunakan smartphone.

Tidak hanya kamu bisa mengatur kapan batas waktu layar hidup dalam smartphone, fitur ini juga bisa membuat penggunanya melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang sedang dijalankan oleh anggota keluarga yang lain.

 

6. Privacy and Security

Android 10 mengklaim atas keamanan smartphone yang kamu miliki, yang mana sepenuhnya bisa kamu atur melalui menuPengaturan. Kemudian, pilih menu Privasi dan Advanced sehingga memungkinkan google untuk melacak penggunanya dan membuat smartphone menjadi lebih aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Notifikasi

Di dalam Android 10, kamu bisa melakukan customization pada notifikasi ponsel, seperti memberikan lampu layar agar tidak menyala ataupun menghilangkan suara ponsel ketika terdapat notifikasi masuk. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terganggu dengan notifikasi banyak yang masuk pada smartphone milikmu.

 

8. Gesture Swipe Baru

Dalam mengenal Android 10, maka kamu juga perlu mengenal fitur gesture swipe terbarunya yang memberikanmu kemudahan jika ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, yaitu hanya dengan cara swipe kiri atau kanan bawah layar.

Namun, banyak pengguna yang kurang memanfaatkan fitur ini karena lebih nyaman bernavigasi dengan cara lama, yaitu dengan dua tombol navigasi (back dan home), atau tiga tombol navigasi (backhome, dan recent apps).

 

9. App Permission yang Lebih Ketat

Di Android 10, setiap pengguna dapat mengatur bagaimana aplikasi mengakses lokasi data ponsel. Dalam hal ini, kamu bisa memilih setiap waktu, hanya ketika aplikasi digunakan, atau tidak pernah sama sekali.

Nah, jika terdeteksi ada aplikasi yang mengakses lokasi setiap waktu, maka secara otomatis ponsel akan mengingatkan.

 

10. Focus Mode

Fitur terakhir dalam mengenal Android 10 yaitu fitur focus mode. Mungkin fitur satu ini sangat cocok digunakan untuk para pelajar yang tidak ingin fokus belajar mereka terpecah. Kamu bisa mematikan sejenak aplikasi-aplikasi yang terdapat di ponsel sehingga tidak memecahkan konsentrasi. Hebat banget, kan!

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved