• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

HEMAT SAAT BERBELANJA

Semua tips penghematan penting untuk menghemat saat berbelanja dan menghindari jebakan mahal, seperti membandingkan harga dasar atau jumlah pengisian, membungkuk dan meregangkan produk di supermarket. Melihat ke kiri juga dapat menghemat uang Anda saat berbelanja. Dengan sedikit perencanaan dan keterampilan, pergi ke kasir sekarang lebih murah!

 

Menghemat saat berbelanja tidak terlalu sulit. tips dan jawaban tentang bagaimana tidak jatuh ke perangkap mahal di supermarket dan bagaimana menghemat uang.

 

·           Jebakan 1: Produk termurah tidak selalu mudah ditemukan: Kadang diberikan harga dasar per liter, kadang setengah kilo, bukan 100 gram Tips: Catat harga termasuk isi barang yang lebih sering Anda beli dan membandingkannya di masa depan.

·           Perangkap 2: Kemasan yang menipu hampir tidak dapat dikenali pada pandangan pertama: ukuran yang sama, penampilan yang sama, harga yang sama. Hanya pada pemeriksaan lebih dekat orang menyadari bahwa alih-alih 1,5 liter sebelumnya, hanya 1,35 liter yang terkandung, bukannya 500 hanya 400 gram. Tip: Saat berbelanja, bandingkan jumlah isi dan buat daftar.

·           Perangkap 3: Hal sebaliknya juga terjadi: 20 persen lebih banyak konten diiklankan dan tawar-menawar dipura-pura. Namun, kenaikan harga adalah 30 dan lebih persen. Saat berbelanja, sering-seringlah berhitung untuk menghemat cukup banyak uang!

·           Perangkap 4: Barang promosi dan penawaran sering ditawarkan di tengah lorong, sehingga Anda tidak dapat mengabaikannya dan mengaksesnya lebih cepat saat berbelanja. Namun, barang-barang ini tidak selalu lebih murah daripada barang sejenis di rak. Hanya perbandingan 1:1 yang mengungkapkan apa yang lebih murah.

·           Perangkap 5: Rak dibagi menjadi area yang tidak terlihat: produk yang menghasilkan keuntungan paling banyak berada setinggi mata di zona yang terlihat. Yang termurah adalah di zona lentur dan peregangan. Membungkuk atau meregangkan bermanfaat untuk menghemat uang saat berbelanja. Jika Anda merasa ini sulit, Anda harus meminta bantuan penjual atau pelanggan.

·           Perangkap 6: Rak di supermarket sebagian besar dirancang untuk orang yang tidak kidal. Di sinilah produk yang lebih mahal berada, sedangkan barang yang lebih murah sering ditempatkan di sisi kiri. Melihat ke kiri adalah jawaban untuk penempatan ini!

Menghemat uang saat berbelanja juga berarti mengetahui dan menghindari trik mahal seperti di supermarket dan tempat diskon. Anda dapat menghemat lebih banyak uang dengan trik belanja berikut:

Simpan sebelum Anda berbelanja

·           Makan dulu Karena pergi berbelanja saat lapar otomatis berarti membeli lebih banyak dan juga barang yang tidak perlu. Kita manusia tidak bisa membela diri melawannya. Itu sebabnya berjalan ke toko dalam keadaan lapar secara konsisten dilihat sebagai kesalahan terbesar saat berbelanja hemat.

·           Buatlah rencana belanja Pikirkan terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan, maka jangan spontan membeli barang yang kemudian Anda sesali dan hanya membutuhkan uang. Anda juga dapat merencanakan ke depan untuk jangka waktu yang lebih lama dan mungkin membeli ukuran paket yang lebih murah dan lebih besar. Aturan umumnya adalah: persediaan. Anda dapat menghemat banyak uang dengan membeli jumlah yang lebih besar dan karenanya lebih murah.

·           Kupon dan penawaran Gunakan brosur di kotak surat Anda dan rencanakan pembelian Anda dengan penawaran atau kupon nilai di dalamnya. Tapi hati-hati dengan jebakan mahal yang disebutkan di atas: bukan berarti produk hanya tampak murah.

·           Memilih toko diskon Berbelanja di toko diskon seringkali lebih murah. Secara khusus, banyak merek pendiskon sendiri juga berasal dari produsen merek terkenal dan Anda mendapatkan kualitas yang sebanding dengan harga yang jauh lebih rendah.

 

Hemat saat berbelanja

·           Hindari kantong plastik Membawa keranjang belanja atau tas bekas saat Anda berbelanja menghemat banyak uang.

·           Membeli produk segar di malam hari Di banyak toko, sayuran dan buah menjadi lebih murah sebelum waktu tutup. Ini menghemat uang Anda hanya dengan berbelanja pada waktu yang tepat.

·           Best-before date Produk yang mendekati best-before date ditawarkan dengan harga yang sangat rendah di banyak toko. Pada saat ini, produknya masih lengkap dan dapat dibeli dengan hati nurani yang bersih. Tapi hati-hati: jangan hanya membelinya hanya karena lebih murah.

·           Produk musiman Carilah makanan yang sedang musim. Ini sangat murah karena hasil panen harus dijual. Inilah cara Anda berhemat dengan memilih makanan yang tepat.

·           Jangan membeli sesuatu hanya karena murah Beli saja saat Anda benar-benar membutuhkannya. Tapi kemudian murah. Membeli barang-barang yang tidak akan Anda beli hanya karena harganya murah adalah kebalikan dari menabung. Karena konsumsi tambahan atau membuang membutuhkan biaya.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved