• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Mengapa Anda harus mengembangkan strategi pemasaran online sepenuhnya dan bagaimana Anda dapat menerapkannya secara efektif? Di dunia modern kita, telah menjadi keharusan bagi bisnis untuk memasukkan alat pemasaran online dalam strateginya.

Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, membuat situs web dan beberapa akun media sosial tidak cukup untuk menentukan strategi digital lengkap dengan hasil nyata. Yang terakhir tidak bisa begitu saja diimprovisasi: hanya dengan sepenuhnya memanfaatkan potensi identitas merek Anda dan menyoroti elemen kunci sentral, Anda dapat memperoleh manfaat dari keberhasilan strategi yang dipikirkan dengan matang dan menguntungkan yang disesuaikan dengan transisi digital !

Apa itu strategi pemasaran online?

Sebagai pengingat, pemasaran online, juga dikenal sebagai pemasaran elektronik atau pemasaran digital, mengacu pada promosi produk atau layanan di Internet, menargetkan audiens tertentu menggunakan

berbagai media digital dan menggunakan berbagai alat, metode, dan strategi. .

Pemasaran digital ditandai dengan:

·  Outbound - Pemasaran yang ditujukan untuk menjangkau satu atau lebih audiens target melalui taktik pemasaran keluar yang aktif (iklan online, spanduk, email, pembelian basis data kontak, dll.),

·  Inbound - Pemasaran yang ditujukan untuk audiens target Anda dan secara alami menarik mereka melalui aktivitas pemasaran inbound (pemasaran konten, SEO dan SEA, pemasaran video, hubungan masyarakat, pemasaran influencer, dll.).

Untuk membangun strategi digital yang sukses, Anda perlu menjaga pemasaran online Anda, tetapi bukan itu saja. 

Strategi lengkap juga mencakup strategi komunikasi digital . Ini ditandai, misalnya, dengan poin-poin berikut:

·           pengertian pedoman redaksi ,

·           strategi media sosial dengan manajemen komunitas yang ketat ,

·           pesan sederhana dan jelas di situs web Anda.

Pemain kunci di sini bisa menjadi pemasaran dan penjualan, yang keduanya terkait erat. Menyiapkan langkah- langkah otomatisasi pemasaran membantu perwakilan penjualan Anda menghasilkan dan memenuhi syarat prospek dan menutup transaksi lebih cepat.

Langkah menuju strategi pemasaran online yang sukses

Langkah 1: Analisis situasi pasar Anda

Langkah ini terjadi sebelum penerapan strategi digital , sebelum keputusan dibuat. Mengetahui situasi pasar saat ini memungkinkan Anda untuk lebih memahami kelompok sasaran Anda dan harapan mereka dan, pada saat yang sama , untuk mengevaluasi  pesaing Anda.

Anda dapat menganalisis poin-poin berikut, antara lain:

·         pesaing dan praktik mereka,

·         perilaku konsumen,

·         trend pasar,

·         wilayah geografis tempat merek Anda berada.

Langkah 2: Tentukan tujuan Anda

Satukan tim dan eksekutif perusahaan untuk sesi brainstorming strategis untuk bersama-sama menentukan tujuan dan sasaran guna menyiapkan strategi yang sesuai.

Tergantung pada persyaratan yang dirumuskan dalam fase analisis, tujuan dapat ditujukan pada aspek yang berbeda, termasuk:

·         Visibilitas : pengembangan kesadaran merek Anda dan kehadiran internet Anda,

·         Lalu lintas: pembangkitan lalu lintas,

·         Prospek : pembuatan prospek, konversi,

·         Pengalaman Pelanggan : Meningkatkan pengalaman pelanggan untuk pelanggan yang akan datang dan yang sudah ada.

Anda juga harus menentukan ekspektasi Anda sendiri untuk strategi yang ingin Anda kembangkan: apakah itu menyangkut satu produk atau keseluruhan katalog produk?

Langkah 3: Tentukan indikator kinerja utama Anda

·         peringkat SEO Anda,

·         lalu lintas yang dihasilkan di situs web Anda,

·         tingkat konversi,

·         waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs Anda,

·         ROI pemasaran (laba atas investasi).

Langkah 4: Tentukan anggaran Anda

Adapun anggaran pemasaran , jelas menentukan dana yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda. Internet menawarkan berbagai cara untuk memasarkan produk dan layanan Anda secara online, masing-masing dengan kelebihan, kekurangan, dan biayanya sendiri. Terserah Anda untuk menilai landasan keuangan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 5: Identifikasi persona pembeli Anda

Yang kami maksud dengan " persona pembeli " adalah grup target model teladan yang menjadi tujuan penawaran Anda. Dengan demikian, profil rinci pelanggan ideal Anda diidentifikasi. Berdasarkan kebutuhan yang teridentifikasi dari "prototipe pelanggan" ini, Anda dapat menargetkan komunikasi pemasaran Anda dan pada

Langkah 6: Rancang situs web yang dipikirkan dengan matang

Situs web Anda adalah etalase merek Anda . Oleh karena itu, ini harus dikerjakan dan dipelihara dengan hati-hati , karena dalam banyak kasus ini adalah kontak pertama dengan pelanggan masa depan Anda, tetapi juga dengan mitra, pemasok, dan karyawan. Oleh karena itu, desain situs web yang menarik sangat penting.

Langkah 7: Kembangkan rencana tindakan Anda

Rencana tindakan harus sesuai dengan status perjalanan pelanggan Anda , yaitu kemajuan mereka di sepanjang apa yang disebut corong konversi. Intinya adalah untuk menentukan tuas mana yang akan diaktifkan untuk setiap fase yang dikandungnya

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved