• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

ergerakan kas perusahaan dalam satu periode sangat penting untuk dilaporkan guna mengetahui kinerja kegiatan operasional. Wadah yang digunakan untuk melaporkan pergerakan dana milik perusahaan dalam satu periode tersebut disebut dengan arus kas.

Laporan arus kas mempunyai tata cara tersendiri dalam pembuatannya agar informasi dapat disampaikan oleh pemegang kepentingan secara sistematis. Peranan laporan arus kas ini penting sebagai salah satu instrumen pengambilan keputusan di masa depan. Berikut adalah ulasan lengkap terkait laporan arus kas tersebut.

Pengertian Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan wadah untuk merekam pergerakan kas, baik kas masuk atau keluar dari perusahaan, pada periode tertentu. Arus kas merupakan laporan yang akan menggambarkan bagaimana kemampuan perusahaan menghasilkan pendapatan dan membayar kewajiban.

Secara garis besar, isi dari laporan arus kas adalah data informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas. Fungsi kas sendiri bagi perusahaan tidak lain adalah sebagai sumber dana untuk menjalankan kegiatan operasional.


Laporan Arus Kas

Banyak hal yang akan diketahui oleh perusahaan dari menyusun laporan arus kas dalam periode tertentu. Perusahaan akan mengetahui bagaimana struktur keuangannya, baik mengenai likuiditas maupun solvabilitas dalam satu periode.

Pengambilan keputusan perusahaan di masa mendatang juga bisa dianalisa laporan arus kas tersebut. Jumlah kas yang tersisa dalam periode tersebut, akan berpengaruh pada kemampuan dalam menjalankan kegiatan operasi di masa berikutnya.

Metode Langsung

Penyusunan laporan arus kas menggunakan metode langsung berdasarkan pada jurnal yang berkaitan dengan kas dan rekening koran bank. Metode ini menggunakan informasi terkait aktivitas operasi perusahaan dalam penyusunannya.

Penerimaan dan pengeluaran perusahaan akan dikelompokkan berdasarkan pada aktivitas operasi. Pada bagian selanjutnya akan dicatat penerimaan serta pengeluaran kas yang berasal dari aktivitas investasi dan pendanaan.

Laporan arus kas menggunakan metode langsung membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk menyusun rincian ketiga elemen aktivitasnya. Namun, hasil dari laporan arus kas metode langsung tetap bisa dipertanggungjawabkan tingkat keakuratannya.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved