• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Permasalahan yang sering dijumpai oleh pebisnis pemula khususnya UMKM yaitu bagaimana kedudukan Laporan Arus Kas dan Laporan Laba Rugi bagi unit usaha mereka. Seberapa penting keduanya atau salah satunya dibandingkan yang lainnya. Banyak yang beranggapan bahwa Laporan Laba Rugi adalah hal terpenting dalam perusahaan. Namun tak sedikit juga yang berpikir bahwa Laporan Arus Kas adalah hal paling penting saat menjalankan suatu bisnis.

Lantas dari kedua anggapan tersebut mana sebenarnya yang lebih tepat di mata ilmu akuntansi? Berangkat dari hal ini, perlahan-lahan Anda akan menemukan jawabannya.


Laporan Arus Kas
Berisi informasi arus masuk dan keluarnya kas perusahaan, laporan arus kas juga memiliki beberapa komponen atau akun di dalamnya. Komponen dalam laporan kas antara lain sebagai berikut:

1.   Akun aktivitas operasi, berisi segala transaksi yang tergolong ke dalam aktivitas operasional.

2.   Aktivitas investasi, berisi semua transaksi yang terkait dengan penjualan aktiva tetap, pembelian aktivas tetap, penerimaan kas dari piutang, pengeluaran kas yang mengakibatkan piutang meningkat, dan pengembalian cash advance.

3.   Akun aktivitas pendanaan, berisi semua transaksi terkait modal dan kewajiban.

 

Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah salah satu jenis laporan keuangan yang cukup rutin dibuat oleh perusahaan. Jenis laporan keuangan ini memiliki beberapa akun atau komponen di dalamnya. Berikut ini adalah daftar komponen-komponen utama dari laporan laba rugi:

1.   Pendapatan usaha, yaitu pendapatan hasil dari penjualan produk utama perusahaan.

2.   Beban pokok penjualan, yaitu beban yang secara langsung atau tidak langsung dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk.

3.   Laba atau rugi kotor, yaitu selisih dari pendapatan usaha dengan beban pokok penjualan.

4.   Beban usaha, yaitu beban kegiatan utama perusahaan. Beban usaha ini terbagi menjadi dua kategori, yakni beban penjualan dan beban umum & administrasi.Laba atau rugi usaha, yaitu nilai selisih antara pendapatan usaha dengan beban usaha.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved