• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Di era digitalisasi, sejumlah besar saluran pemasaran tersedia untuk perusahaan Anda. Pesaing Anda sudah terwakili dengan baik di Internet dan karena itu Anda ingin tahu bagaimana Anda dapat memperluas jangkauan Anda secara efektif? Tren saat ini adalah aktif menggunakan media sosial melalui influencer marketing. Cari tahu di sini tentang apa semua ini dan keuntungan apa yang ditawarkan bekerja dengan influencer kepada Anda.

Definisi: Apa itu influencer?

Istilah "influencer" berasal dari kata kerja bahasa Inggris "to influence" (= pengaruh). Tapi apa sebenarnya yang mendefinisikan seorang influencer?

·  Influencer adalah tokoh Internet yang secara teratur mempublikasikan konten tentang topik tertentu .

·  Pada dasarnya, orang-orang ini berbeda dari pengguna saluran media sosial lainnya karena komunitas mereka yang besar .

·  Untuk menyampaikan konten kepada pengikut mereka, influencer menggunakan saluran komunikasi di Internet , seperti blog pribadi atau akun di jejaring sosial.

Oleh karena itu, seorang influencer membuat konten seperti teks, gambar, audio, atau video di berbagai platform, seperti misalnya.:

·         Youtube

·         Instagram

·         Snapchat

·         Twitter

·         Facebook

·         TIK tok

Influencer menjangkau banyak pengikut melalui minat dan keahlian mereka di bidang tertentu . Mereka menginspirasi pengguna lain dengan topik seperti gaya hidup, kebugaran, olahraga, mode, elektronik, IT, perjalanan, nutrisi, dan banyak lagi. Semakin spesifik konten Anda, semakin spesifik grup target Anda.

Influencer secara khusus dicirikan oleh karakteristik ini:

·         Anda aktif di satu atau lebih saluran komunikasi .

·        Mereka bekerja dengan motivasi diri dari kebutuhan untuk menyampaikan informasi.

· Mereka mendapatkan pengikut melalui keahlian dan profesionalisme mereka .

·  Mereka secara teratur berinteraksi dengan penggemar mereka.

·     Mereka menikmati popularitas besar dan pengakuan dalam masyarakat.

Influencer memiliki kekuatan persuasif yang sangat besar berdasarkan kepribadian mereka dan sifat-sifat karakter positif yang terkait. Di mata pengikut mereka, influencer berdiri untuk kredibilitas, kepercayaan, dan keaslian.

Definisi: Apa itu Pemasaran Influencer?

Pemasaran influencer adalah taktik pemasaran online populer yang secara efektif memanfaatkan jangkauan besar influencer untuk mempromosikan merek , produk, atau layanan Anda. Karena ini biasanya terjadi melalui jejaring sosial, ini juga bisa menjadi bentuk pemasaran media sosial. Tetapi mengapa perusahaan menggunakan influencer dan bagaimana cara kerja pemasaran influencer? Kami akan menunjukkan kepada Anda.

Mengapa perusahaan bekerja dengan influencer

Sebagian besar waktu, ketika Anda ingin beriklan di internet, Anda menghadapi pesaing yang sudah ada yang sudah menggunakan saluran berbeda di web. Pemasaran digital biasanya tidak semahal iklan di majalah perdagangan atau bentuk iklan cetak lainnya. Namun, ini menciptakan kelebihan iklan online . Banyak pengguna mengalami kelebihan sensorik , itulah sebabnya mereka memasang pemblokir iklan. Akibatnya, Anda menyembunyikan iklan apa pun, yang pada gilirannya berarti iklan Anda tetap tidak terlihat. Kerjasama dengan influencer menawarkan alternatif pemasaran yang optimal .

Beginilah cara kerja pemasaran influencer

Alih-alih iklan tradisional, pengguna online kebanyakan mencari ulasan atau rekomendasi di blog dan jejaring sosial. Dengan melakukan itu, mereka menemukan blogger dan akun media sosial dengan pengikut yang sudah ada. Dengan pengalaman mereka, para influencer ini membentuk persepsi konsumen dan mempengaruhi perilaku pembelian mereka . Jika para ahli ini menilai suatu produk secara positif atau merekomendasikannya, mereka secara bersamaan meyakinkan masyarakat dan membentuk keputusan pembelian mereka.

Sebagai seorang pengusaha , Anda mendapatkan keuntungan langsung dari jangkauan influencer yang ada . Dengan bekerja sama, mereka membawa pesan merek Anda langsung ke kelompok sasaran yang sesuai . Keuntungan besar adalah bahwa influencer berfungsi sebagai perantara antara perusahaan Anda dan pelanggan potensial. Berkat perannya sebagai perantara informasi, influencer tidak menyampaikan kampanye Anda sebagai iklan langsung, tetapi lebih sebagai rekomendasi pribadi.

Tujuan Dan Manfaat Dari Strategi Pemasaran Influencer

Bekerja dengan influencer terutama mengejar dua tujuan utama:

·         Sasaran ekonomi pasar yang dapat Anda ukur secara langsung melalui peningkatan omset dan penjualan

·         Pasarkan sasaran psikologis yang membawa perubahan sikap dan perilaku positif dalam kelompok sasaran Anda

Kesadaran yang lebih besar akan merek atau produk Anda

Influencer dapat menyebarkan produk atau layanan Anda secara viral di Internet dan dengan demikian memastikan kesadaran yang cepat di berbagai jaringan .

Karena meningkatnya visibilitas mitra kerja sama Anda di Internet, Anda juga akan menerima lebih banyak perhatian. Ini dapat membantu:

·         Anda memenangkan pelanggan baru

·   Anda mengikat pembeli tindak lanjut untuk Anda dalam jangka panjang

·         Merek Anda menghasilkan lebih banyak penjualan

Keuntungan khusus dari pemasaran influencer

Selain itu, keuntungan utama dari pemasaran influencer adalah kepribadian Internet biasanya membangun komunitas yang muda dan setia . Dengan cara ini, Anda secara tidak langsung menangani kelompok sasaran yang lebih muda yang mungkin tidak Anda jangkau dengan media iklan lain.

Tingkatkan citra dengan influencer

Persepsi yang meningkat di Internet berkat kontribusi influencer juga memiliki efek positif pada citra Anda. Ketika penggemar telah mengembangkan kedekatan emosional dengan influencer, mengomunikasikan pesan merek Anda menjadi lebih efektif. Kredibilitas influencer ditransfer ke perusahaan Anda , yang berarti Anda dapat menikmati lebih banyak kepercayaan berkat citra yang baik.

Berbagai jenis influencer

Pada dasarnya, influencer berbeda tidak hanya dalam jenis konten yang mereka posting, tetapi juga dalam jumlah penggemar yang mengikuti mereka. Bagi Anda sebagai pengusaha, penting juga untuk menemukan influencer dengan jangkauan yang sesuai dengan kampanye pemasaran Anda.

Seseorang membedakan antara:

·         Mega influencer

·         influencer makro

·         Influencer tingkat menengah

·         mikro influencer

·         nano influencer

Jenis influencer mana yang sangat cocok untuk perusahaan Anda tergantung pada tujuan kampanye iklan Anda di satu sisi dan pada jangkauan kemungkinan mitra kerja sama Anda di sisi lain . Semakin besar komunitas influencer, semakin rendah pengaruhnya terhadap pengikut masing-masing. Meskipun jumlah penggemar yang tinggi memiliki efek positif pada kesadaran merek Anda, ada lebih sedikit konversi karena kurangnya ikatan yang erat. Di sisi lain, influencer mikro dan menengah membuat lebih banyak orang membeli karena hubungan mereka yang lebih pribadi dengan pengikut mereka, yang menghemat pemborosan Anda. Juga perlu diingat bahwa biaya kerjasama tergantung pada ukuran influencer di media sosial -semakin tinggi jangkauannya, semakin mahal proyeknya .

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved