• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Anda dapat mengendalikan biaya dan bahkan memiliki lebih banyak uang yang tersedia setiap bulan.

 

1. Siapkan anggaran

Langkah pertama untuk menghemat uang adalah mengetahui untuk apa Anda membelanjakan uang. Buatlah anggaran dan buatlah daftar pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Sisi positifnya adalah pendapatan, sisi minusnya adalah biaya sewa, asuransi, asuransi kesehatan, dll.Kumpulkan juga kwitansi untuk pengeluaran Anda saat ini. Ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang keuangan Anda. Omong-omong: sekarang ada aplikasi untuk ini juga.

2. Hindari biaya yang tidak perlu

Setelah anggaran rumah tangga dibuat, Anda dengan cepat menemukan pemboros biaya yang tidak perlu. Misalnya, periksa asuransi atau langganan Anda. Terkadang Anda membayar untuk layanan yang tidak Anda butuhkan. Tapi Anda juga bisa menghemat makanan. Masak malam sebelumnya untuk hari berikutnya daripada berbelanja atau pergi ke restoran setiap jam makan siang di tempat kerja.

3. Buat daftar belanja

Saat berbelanja, barang-barang sering berakhir di troli yang tidak direncanakan atau diperlukan. Triknya: tuliskan apa yang benar-benar Anda butuhkan di daftar belanjaan. Dan makan sesuatu sebelum Anda pergi berbelanja: Dengan perut yang keroncongan, uang itu bahkan lebih nyaman di saku Anda.

4. Bayar tunai, bukan dengan kartu kredit

Siapa pun yang mengeluarkan kartu kreditnya tahu bahwa Anda tidak perlu membayar sampai akhir bulan. Itu sebabnya Anda sering menghabiskan lebih dari yang sebenarnya Anda rencanakan. Ini adalah bagaimana Anda dengan cepat kehilangan kendali atas keuangan Anda. Jadi lebih baik membayar tunai. Tentu saja, Anda tidak dapat berurusan dengan uang kertas secara online. 

5. Berburu barang murah

Waspadai promosi - terutama untuk barang-barang yang ingin Anda beli. Misalnya, membeli TV baru pada hari pertama setelah Natal daripada sebelum malam Natal. Dan juga melihat keluar untuk penawaran khusus saat berbelanja di toko kelontong. Barang sehari-hari seringkali lebih murah dalam multipak.

6. Atur pasar loak

Pakaian, buku, DVD, barang pecah belah: ada begitu banyak barang berserakan di rumah sehingga tidak ada yang memperhatikan. Waktu untuk pasar loak Anda sendiri. Dalam semangat: Bahkan ternak kecil pun membuat omong kosong. Misalnya, uang hasil cukup untuk makan malam di restoran atau Anda cukup membayar ke rekening tabungan.

7. Hemat dengan pesanan tetap

Siapkan pesanan tetap untuk pembayaran reguler. Karena jika uang itu hilang secara otomatis, Anda tidak memiliki cara untuk membelanjakannya. Anda juga dapat menghemat berkat pesanan tetap: mentransfer jumlah tetap untuk pembelian atau liburan ke rekening tabungan setiap bulan.

8. Hindari kejutan

Membiarkan lilin menyala atau menuangkan gelas anggur di atas karpet di rumah teman: kecelakaan terjadi dengan cepat - dan kemudian menjadi sangat mahal. Kecuali Anda memiliki asuransi isi rumah tangga untuk kerusakan di rumah dan asuransi tanggung jawab pribadi untuk segala hal lainnya. Hindari kejutan yang terkait dengan biaya tinggi.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved