• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen menurut Wilson menjadi salah satu yang paling mudah dipahami. Ia menyatakan bahwa manajemen dalam suatu perusahaan berarti sekumpulan aksi atau kegiatan yang diupayakan atau dilakukan seluruh anggota perusahaan demi mencapai sebuah target atau sasaran.

Lantas bagaimana sebuah perusahaan tanpa manajemen? Tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Bayangkan saja Anda sedang berkendara menuju kota A dari kota B, tanpa manajemen atau jalur yang jelas, Anda akan sulit mencapai tujuan, buruknya, Anda bisa-bisa tidak sampai pada tujuan.

Peran Manajemen Pada Perusahaan

Berdasarkan pengertian manajemen yang telah dijabarkan di atas, maka dapat ditarik pemahaman bahwa peran manajemen pada perusahaan sangatlah penting, yaitu untuk memastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian tujuan dapat berhasil dilakukan.

Apa saja, sih, yang dilakukan dalam manajemen perusahaan? Yuk, cari tahu selengkapnya dan baca terus artikel ini.

Merencanakan

Tanpa rencana, lantas apa yang hendak dijalankan? Maka dari itu, langkah paling utama dalam manajemen perusahaan adalah melakukan perencanaan. Hal ini penting dalam menentukan tujuan akhir, arah, serta kiblat perusahaan.

Rencana ini pun tidak hanya satu, ada yang disebut rencana tahunan, rencana jangka panjang, rencana menengah, dan rencana jangka pendek.

Menempatkan

Proses penempatan tugas juga menjadi bagian penting dari manajemen perusahaan. Dengan rencana yang begitu besar, seorang manajer harus piawai membagi dan menempatkan masing-masing pekerja ke dalam tiap-tiap tugas bersangkutan.

Hal ini krusial, sebab bila salah tangan, tujuan perusahaan bisa gagal tercapai.

Mengarahkan

Setelah menempatkan masing-masing tugas pada anggota-anggota yang tepat, pengarahan dilakukan untuk manajemen perusahaan lebih terarah. Dalam mengarahkan, manajer harus detail dan presisi agar bisa dipahami dengan jelas oleh para pekerja perusahaan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi titik dimulainya misi-misi perusahaan.

Mengawasi

Setelah perencanaan, penempatan, dan pengarahan diberikan, manajer harus piawai dalam mengawasi atau melakukan pengawasan terhadap masing-masing bagian pekerja. Pengawasan yang terjadwal dan terarah akan menjadikan misi-misi yang ‘mogok’ atau ‘salah arah’ kembali ke jalur yang tepat.

Dengan keempat hal yang dilakukan dalam manajemen perusahaan, ada beberapa hal yang diharap bisa dicapai, yaitu adanya pimpinan, perencanaan, penyusunan, dan pengawasan sesuai dengan delegasi tanggung jawab bagi setiap sumber daya manusia yang ada.

Jenis Manajemen

Jenis manajemen itu luas sekali. Semua hal sesungguhnya bisa menjadi salah satu cabang manajemen. Misalnya, manajemen waktu, yaitu ketika Anda harus merencanakan dan mengeksekusi alokasi waktu untuk masing-masing kegiatan dalam periode tertentu.

Contoh lainnya lagi adalah manajemen keunganan, yaitu ketika Anda merencanakan dan mengalokasikan pendapatan untuk bisa bertahan hidup setiap bulannya serta menghidupi anggota keluarga.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved