• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

pada umumnya dipisahkan berdasarkan pokok pikiran meliputi jenis barang yang cukup banyak dan merupakan bagian yang cukup berarti dari seluruh aktiva perusahaan. disamping itu, transaksi yang berhubungan dengan persediaan merupakan aktivitas yang paling sering terjadi sehingga persediaan merupakan salah satu akun yang liquiditasnya tinggi. Di banyak perusahaan, persediaan adalah bagian yang signifikan, tidak hanya aktiva lancar, tetapi juga total aktiva. Meskipun banyak item-item persediaan secara relatif tampaknya tidak penting (misalnya, perangkat keras seperti baut dan sekrup ), namun secara keseluruhan mereka bisa memiliki nilai yang perlu dipertimbangankan, sehingga menjaga persediaan sama pentingnya dengan menjaga kas. Kebutuhan untuk menyimpan dalam jumlah mencukupi barang-barang yang akan dijual ditambah lagi dengan kebutuhan untuk menghindari biaya kelebihan persediaan memperlihatkan pentingnya masalah perencanaa dan pengendaliaan oleh pihak manajemen.

Persediaan digunakan untuk menyatakan barang yang:

Tersedia untuk dijual (barang / barang jadi)

Masih dalam proses produksi untuk diselesai, kemudian dijual (barang dalam proses / pengelahan).

Akan dipergunakan untuk diproduksi barang-barang jadi yang akan dijual ( bahan baku dan bahan pembantu ) dalam rangka kegiatan normal perusahaan.

Persediaan merupakan aktiva yang penting untuk kebanyakan bisnis dan bisnisnya berupa aktiva lancar terbesar dari perusahaan manufaktur dan pengecer  (retail). Dalam iklim ekonomi yang kompetitif saat ini, metode akuntansi persediaan dan praktek manajemen telah menjadi alat perbaikan laba. Sistem persediaan yang lebih baik dapat meningkatkan profitabilitas, sementara sistem yang buruk dapat mengikis laba dan menjadi bisnis kurang kompetetif.

Alasan diperlukannya Persediaan

dibutuhkannya waktu untuk menyelesaikan operasi produksi dan untuk memindahkan produk dari suatu tingkat proses ke tingkat proses lainnya yang disebut persediaan dalam proses dan pemindahan.

alasan organisasi, untuk memungkinkan suatu unit membuat jadwal operasinya secara bebas tidak tergantung dari yang lainnya.

Tujuan diadakannya Persediaan

Menghilangkan adanya ketidakpastian.

Mempersiapkan apabila adanya permintaan mendadak dari konsumen.

Mengantisipasi adanya kenaikan harga pada masa yang akan datang.

Memberi waktu untuk proses produksi dan pembelian.

Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan permintaan konsumen
















 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved