• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

UMKM atau Usaha Mikro dan Menengah memiliki kedudukan penting dalam  mendukung pergerakan pembangunan serta perekonomian Indonesia. Bagi pelaku usaha, UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. UMKM memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan kerja baru. Dari data UMKM yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, angka pertumbuhan pelaku UMKM selalu naik dari tahun ke tahun


Perkembangan UMKM itu sendiri akan semakin baik apabila setiap belahan masyarakat ikut berpartisipasi termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa.


Lalu apa peran mahasiswa dalam pengembangan umkm?


Wujud nyata dari dukungan dari perguruan tinggi adalah memberikan ilmu kewirausahaan. Bukan hanya berupa teori namun juga dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengelola dan mengembangkan usahanya. Sebagai contoh:


1. Memberikan pengetahuan pemasaran yang baik

Jika di zaman digital ini, bisa memberi pengetahuan mengenai market place dan promosi melalui media sosial, termasuk tentang pembayaran digital.


2. Mengadakan webinar pengembangan kreativitas di era pandemi

Harapannya agar pelu usaha dapat menjadi lebih termotivasi dan terbuka dengan ide-ide kreatif. Atau misal dengan membagikan kita-kiat berwirausaha si masa pandemi ini, bagaimana menjaga kualitas dan sebagainya.


3. Mengadakan forum yang mempertemukan pelaku usaha Umkm dan investor

4. Mencintai produk dalam negeri

5. Mahasiswa juga bisa membatu dengan tetap membeli produk-produk dalam negeri, agar pelaku umkm bisa terus survive dan berkembang.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved