• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

1. Timbang pro dan kontra

Saat berjualan online, tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua. 

Ada banyak cara berbeda untuk dipilih, dan akan selalu ada cara baru untuk menyesuaikan dan mengembangkan bisnis Anda. 

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja dalam semalam. 

Sebelum Anda mendirikan toko Anda dan mulai menjual secara online, Anda harus hati-hati mempertimbangkan pro dan kontra. 

2. Temukan produk yang tepat

Apakah Anda senang dengan keputusan Anda? Sangat bagus!

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengetahui produk apa yang ingin Anda jual secara online . Kami juga telah menulis panduan untuk penelitian produk yang efektif , jadi luangkan waktu untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang produk yang tepat.

Jika Anda lebih menjadi pengusaha daripada penemu, Anda perlu tahu di mana mencari produk.

Anda dapat menemukan produk:

·         Dengan mencari tempat dan situs lain untuk mencari inspirasi . Jangan lupa untuk membaca yang tersirat. Jika suatu produk memiliki peringkat bintang 1, baca ulasannya. Pelanggan sering tidak malu untuk mengatakan apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang mereka butuhkan untuk menciptakan produk yang memuaskan.

·         Dengan menjadi pintar dengan kata kunci dan laporan trending . Situs seperti Amazon dan Pinterest menunjukkan dengan tepat produk apa yang diminati pengguna. Anda juga dapat mendaftar ke Google AdWords atau menggunakan alat pencarian kata kunci untuk mempersempit jangkauan produk Anda.

·         Dengan merefleksikan minat Anda sendiri terhadap ide produk . Setiap orang memiliki hobi - mungkin Anda bisa memonetisasi hobi Anda? Atau bisakah Anda mengubah keterampilan profesional Anda menjadi model toko online yang menguntungkan? Terkadang jawabannya ada di depan Anda.

3. Tulis rencana bisnis

Hal-hal menjadi serius. Langkah besar berikutnya ini akan menempatkan Anda di jalur yang benar untuk meluncurkan toko online Anda dengan sukses.

Ini tidak harus menjadi rencana induk yang mencakup segalanya untuk menguasai dunia. 

Rencana Anda bisa singkat dan manis, jadi jangan lewatkan langkah ini. Dia akan membantu Anda menyusun seluruh bisnis Anda dengan jelas dan menyeluruh.

apa dan mengapa

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan.

model bisnis Anda

Anda memiliki begitu banyak pilihan di ujung jari Anda. Pengiriman , pengadaan, produksi - pilihan ada di tangan Anda. 

Model bisnis yang Anda pilih akan mempengaruhi atau dipengaruhi oleh pilihan produk Anda.

pengiriman drop

Semua orang yang memiliki bisnis eCommerce sepertinya suka dropshipping produk mereka, bukan? Nah, bisa dimaklumi, karena memiliki banyak kelebihan.

Dengan model ini, Anda tidak perlu melakukan pembayaran atau investasi di muka untuk mulai berjualan online. 

Pembelian langsung

Apakah Anda ingin menjadi eksklusif?

Pengadaan langsung dari produsen mungkin lebih cocok untuk Anda. Model khusus ini memberi Anda lebih banyak kontrol sehingga mungkin benar jika Anda tidak ingin menawarkan dropshipping.

Membangun rantai pasokan Anda sendiri membutuhkan banyak pekerjaan, tetapi jika Anda memiliki rencana serius untuk mengembangkan bisnis Anda, ada baiknya untuk dicoba.

Banyak pemasok dapat memasukkan biaya pengiriman ke dalam harga mereka - Anda dapat membayar untuk membawa produk Anda ke pintu gudang Anda.

Tidak dapat menemukan gudang? Jangan mengisi rumah Anda sendiri dengan kotak. Kecuali Anda tinggal di istana, ini mungkin bukan rencana masa depan.

target pasar Anda

Bangun profil pelanggan ke dalam rencana Anda. 

Dengan cara ini, Anda dapat mengingat target pasar Anda sejak awal. Semua yang Anda lakukan untuk menyiapkan toko dan menjual secara online pada akhirnya dipengaruhi oleh pelanggan.

Jika Anda memahami audiens Anda sejak awal, seluruh proses memulai bisnis eCommerce akan mudah.

Dia akan membantu Anda dengan:

·         Strategi Pemasaran . Setelah toko online Anda aktif dan berjalan, gunakan taktik pemasaran untuk membuatnya tetap berkembang. Jadi, Anda perlu tahu cara mempromosikan produk Anda di semua saluran yang tepat.

·         inovasi produk . Ketika Anda mengetahui target pasar Anda, mencari atau mengembangkan produk baru menjadi lebih mudah.

pesaing Anda

Setiap perusahaan memilikinya. 

Pesaing sangat berguna. Awasi mereka setelah Anda memulai bisnis eCommerce Anda - mereka akan menunjukkan kepada Anda apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda saat menjual online.

Saat menulis rencana bisnis Anda, catat pesaing Anda sehingga Anda dapat menemukan dan mengisi niche Anda dari awal.

Pesaing akan membantu Anda memahami:

·         Struktur harga terbaik untuk toko online Anda . Anda dapat memilih untuk melemahkan persaingan, mengalahkan mereka dengan penawaran produk unggulan, atau jika Anda merasa percaya diri, lakukan lebih dari itu.

·         Tempat Mengirimkan Proposisi Nilai Anda . Anda perlu menjual keunikan toko Anda kepada calon pelanggan. Berhati-hatilah untuk tidak meniru pesaing Anda, bahkan secara tidak sengaja. 

·         Bagaimana memasarkan produk Anda . Jika Anda bersaing untuk target pasar yang sama dengan pesaing, cari tahu saluran apa yang mereka gunakan dalam strategi pemasaran mereka. Toko online yang sudah mapan mungkin sudah tahu tempat terbaik untuk mengiklankan produk mereka.

4. Daftarkan bisnis Anda

Sekarang setelah Anda tahu apa yang ingin Anda jual dan bagaimana Anda ingin menjualnya, inilah saatnya untuk membuat semuanya resmi.

Aturan untuk menyiapkan bisnis online Anda bergantung pada negara tempat Anda berada. Lakukan riset untuk memastikan Anda mencentang semua kotak yang berlaku untuk pemilik bisnis eCommerce. 

Berikut adalah beberapa opsi:

·         paypal . Ini mungkin pilihan pembayaran paling populer setelah kartu kredit, dan pelanggan Anda akan sangat akrab dengan PayPal.

·         Bayar dengan Google . Metode pembayaran ini sangat nyaman bagi pengguna Akun Google. Juga, sebagai pengecer, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun. 

·         garis -garis . Ini adalah gateway yang sangat serbaguna dengan dukungan teknis yang hebat. Anda juga dapat menambahkan opsi ini ke toko online mana pun yang ingin Anda buka.

5. Putuskan di mana dan bagaimana Anda ingin berjualan online

Ketika memutuskan bagaimana cara paling efektif menjual online, Anda memiliki banyak pilihan.

Ada banyak pasar online besar di mana Anda dapat mengambil tempat Anda sebagai penjual. Anda bahkan dapat membiarkan mereka menangani produk Anda.

Dimungkinkan untuk menjual produk secara online melalui jejaring sosial. Aplikasi seperti Instagram dan Facebook sekarang memiliki fitur toko khusus untuk bisnis. 

Pertimbangkan bagaimana Anda dapat menjual dengan beberapa pasar online terbesar.

Amazon

Raksasa ritel eCommerce ini memiliki produk untuk dijual di berbagai kategori yang sangat besar.

Amazon memiliki proses seleksi untuk penjual potensial, jadi saat Anda menghadapi persaingan yang ketat, Anda setidaknya tahu bahwa ini adalah salah satu cara yang lebih serius untuk menawarkan produk untuk dijual secara online.

Etsy

Sebagai platform brilian untuk tipe kreatif, Etsy memiliki jangkauan global yang fenomenal dan dapat sangat melengkapi bisnis online Anda.

Meskipun ada sedikit biaya untuk setiap produk, Etsy berdedikasi untuk membantu penjualnya sukses.

Facebook

Buat halaman bisnis di Facebook yang menautkan kembali ke situs web Anda sendiri.

Meskipun Anda mungkin telah pindah ke platform lain, Facebook masih merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Jika Anda ingin mencari tempat untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Siapapun bisa menjual produk di Facebook. Pengguna individu dapat mengunggah barang mereka ke pasar, dan bisnis yang berkembang dapat memanfaatkan fitur toko platform.

Instagram 

Sama seperti Facebook yang juga memiliki Instagram , Anda dapat menggunakan fitur toko di profil bisnis Anda untuk menghasilkan penjualan.

Selain halaman khusus untuk menjual produk secara online, Anda dapat memanfaatkan postingan belanja Instagram secara maksimal. Dibuat untuk pengecer eCommerce, posting ini memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar dengan produk unggulan.

Pinterest

Meskipun lebih merupakan mesin pencari inspirasi, menjual produk secara online melalui Pinterest   juga tidak dapat diabaikan.

Kami sangat menganjurkan Anda untuk memiliki situs web Anda sendiri yang dirancang dengan indah jika Anda melihat audiens Anda menggunakan Pinterest. 

Platform ini memudahkan dan nyaman bagi toko online untuk menghasilkan penjualan melalui akun bisnis mereka.

6. Tetapkan merek Anda

Ini tidak hanya akan terjadi seiring waktu.

Membangun merek Anda adalah langkah besar dalam mendirikan toko online. Ini akan memakan banyak waktu Anda, tapi itu salah satu hal yang paling penting.

7. Buat rencana pemasaran

Sebelum Anda mulai, buatlah rencana untuk beberapa kampanye pemasaran yang menarik perhatian.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved