• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

15 Tips Belajar Web Design untuk Jadi Web Designer Andal

Perkembangan dunia digital membuat banyak orang yang akhirnya tertarik untuk belajar web design. Namun, sebagai pemula apa sebenarnya yang harus dilakukan untuk mempelajarinya?

Jangan khawatir, karena siapa pun bisa belajar web design kok.

Baik kamu yang belajar desain grafis secara autodidak atau memiliki latar belakang pendidikan formal, pasti bisa dengan mudah mempelajarinya, lho.

Asalkan memiliki tekad yang kuat untuk belajar, pastinya kamu bisa cepat mahir.

Penasaran bagaimana cara mudah untuk belajar web design bagi pemula? Yuk, intip beberapa tips yang sudah Glints persiapkan di bawah ini.

15 Tips Belajar Web Desain untuk Pemula

1. Mulailah membuat website

Cara terbaik untuk mulai belajar web design bagi pemula adalah dengan langsung melakukannya. Untuk langkah awal, kamu tidak perlu langsung membuat website dengan desain yang rumit.

Kamu bisa memulainya dengan membuat blog pribadi menggunakan desain yang minimalis.

Manfaatkan penggunaan website builder yang dapat membantumu membuat website dengan mudah, misalnya Wix.

2. Teruslah membaca dan riset

Mungkin kamu sudah mempunyai dasar dalam membuat desain. Namun, saat praktik mendesain website bisa jadi berbeda.

Itulah mengapa, carilah sebanyak mungkin informasi dan referensi yang dapat membantumu belajar web design.

Rajinlah membaca dari blog atau forum untuk mengetahui mengenai tren, teknis, tutorial, dan cara terbaik untuk melatih kemampuan.

3. Latih kemampuan komunikasimu

Jika kamu pikir mendesain web hanyalah perkara kesenian visual, kamu salah besar. Salah satu kunci untuk dapat secara profesional menekuni bidang web design adalah dengan melatih kemampuan komunikasimu.

Kemampuan berkomunikasi dapat membantumu menyampaikan pesan lewat desain yang kamu rancang untuk website.

Selain itu, menurut Design Shack kemampuan komunikasi dapat membantu kita saat nanti harus bekerja dengan orang lain seperti klien.

Jadi, supaya dapat memahami apa yang diinginkan klien sekaligus menyampaikan apa yang bisa kamu tawarkan, maka komunikasi sangatlah penting untuk dikuasai.

4. Pahami HTML

HTML adalah unsur penting dalam web design. Oleh karena itu, kamu juga bisa mulai mempelajari HTML sembari belajar web design.

Mengapa HTML penting? Tentu saja karena HTML adalah rangka yang membantumu membuat struktur website.

Jadi, ketika kamu sudah dapat membaca dan mengomunikasikan HTML, maka dunia web design akan mudah dipahami dan lebih masuk akal.

5. Pahami CSS

Tidak hanya HTML, Cascading Style Sheets atau CSS juga sangat perlu dipahami jika kamu ingin menjadi seorang web designer yang andal.

CSS akan membantu menentukan bagaimana elemen-elemen akan terlihat saat website sudah terbentuk nantinya.

Jadi dengan memahami CSS, kamu dapat dengan mudah menentukan bentuk, warna, posisi dari setiap elemen di website.

6. Kursus bahasa pemrograman secara online

Web design sangat berkaitan erat dengan bahasa pemrograman. Jika sebelumnya kamu belum pernah memplejarinya, maka bisa mencoba dengan melakukan kursus secara online.

Saat ini, sudah ada banyak tempat untuk mempelajari bahasa pemrograman secara online, salah satunya di Codeacademy.

Di sana kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman apapun melalui aktivitas interaksi hingga games yang menarik.

Pilihlah topik yang ingin kamu pelajari, seperti pengembangan web, programmingdata science, atau fokus di bahasa pemrograman HTML, CSS, Pyhton, dan lain-lain.

7. Gunakan keterampilan desainmu di website

Tips yang satu ini lebih sesuai dilakukan oleh seseorang yang sudah memiliki pengalaman di bidang desain grafis sebelumnya.

Coba gunakan keterampilan desain yang sudah dimiliki untuk diterapkan dalam desain web. Prinsipnya sama, yaitu membuat desainnya terlihat menarik secara visual.

Ketika belajar web design, apa yang dipelajari sebagai desainer grafis sebelumnya tentu akan membantumu untuk menentukan gaya dan warna yang bisa menciptakan visual yang menarik.

8. Amati website yang menurutmu menarik

Kunjungilah banyak website untuk mendapatkan referensi sebanyak-banyaknya. Temukan website yang menurutmu menarik dan catat hal-hal apa saja yang menurutmu menjadi keunggulan website tersebut.

Beberapa unsur yang bisa kamu perhatikan adalah, typography (pemilihan font style dan ukurannya), navigasi, penggunaan gambar, tata letak, animasi, efek, dan warna.

9. Buatlah sketsa/framework sebagai gambaran

Sebelum mengaplikasikan ide yang kamu miliki, buatlah sketsa sebagai gambaran website.

Sketsa ini tidak hanya untuk gambaran visual desainnya saja, tapi juga setiap elemen yang ingin dimasukkan, serta cara website bekerja nantinya.

10. Up to date dengan perkembangan teknologi

Tips selanjutnya ketika belajar web design untuk pemula adalah selalu tetap up to date dengan perkembangan teknologi yang terjadi.

Era digital begitu dinamis, sehingga kamu perlu memperhatikan setiap perkembangan yang terjadi dan hal-hal yang dapat membantumu untuk mendesain website lebih baik.

11. Pahamilah SEO

Selain paham dengan desain, seorang web designer sebaiknya juga memiliki pengetahuan soal SEO. Pasalnya, ada cukup banyak pekerjaan web designer yang berhubungan dengan SEO.

Dengan memahami SEO , maka akan lebih mudah untuk menentukan gambar pada website atau menuliskan meta description pada website.

Terlebih lagi jika kamu seorang freelancer yang bekerja sendirian. Tak jarang, klien akan memintamu untuk langsung mendesain sebuah website yang SEO friendly.

12. Tantang dirimu dan mintalah feedback

Tips selanjutnya untuk belajar web design adalah dengan untuk terus menantang diri sendiri.

Meskipun kemampuanmu dalam mendesain website nantinya bisa berkembang dengan baik, sebaiknya jangan berhenti untuk menantang diri sendiri.

Mintalah feedback dan review jujur dari orang lain yang sudah melihat karyamu sehingga nantinya kamu tahu apa yang harus ditingkatkan.

13. Terus latihan

Menurut 21designs, salah satu cara terbaik dalam mempelajari suatu hal yang baru adalah dengan terus berlatih sambil belajar.

Saat kamu sudah paham dengan hal-hal dasar dalam membuat desain web yang menarik, jangan lupa untuk langsung mepraktikannya.

Jadi, kamu tidak hanya tahu sebatas teori saja tapi juga sudah paham cara mempraktikannya.

14. Mencari mentor

Belajar sendirian terkadang memang terasa merepotkan. Itulah mengapa kamu bisa mencari seorang mentor untuk membimbingmu belajar web design.

Jika kamu tidak memiliki kenalan yang bisa dijadikan mentor, cobalah untuk berkenalan dengan seseorang lewat forum.

Ada banyak orang di luar sana yang mau membagikan pengetahuannya kepada orang lain. Jadi, besar peluangnya kamu bisa menemukan mentor dari sebuah forum atau komunitas online.

15. Kuasai tools web design

Tips terakhir untuk belajar web design adalah dengan menguasai beberapa tools yang dibutuhkan. Saat ini ada banyak sekali tools web design yang mampu membantu meringankan pekerjaan.

Menurut Creative Bloq, beberapa tools yang wajib dikuasai oleh seorang web designer misalnya adalah InVision Studio, Sketch, Balsamiq, hingga MockFlow.

Dengan menguasai beberapa tools yang diperlukan, tentunya akan lebih mudah dalam manjalankan proses membuat desain web.

Itulah 15 tips belajar web design yang bisa segera kamu coba lakukan. Glints berharap tips di atas bisa membantumu menjadi seorang web designer yang andal dan siap bersaing.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved