• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Kiat untuk hubungan pelanggan yang baik

 

·         Membangun kepercayaan

Hal terpenting untuk hubungan pelanggan yang baik adalah rasa saling percaya. Hal ini dapat dilakukan melalui keterbukaan, kejujuran, transparansi dan komunikasi yang baik. Pelanggan tidak boleh merasa bahwa Anda menipunya atau menutupi sesuatu. Dan untuk hasil akhir yang baik, kerja sama yang terbuka dan saling menghormati sangat berharga.

·         Jawab dengan cepat

Segera tanggapi email atau telepon dari pelanggan Anda. Bahkan jika Anda tidak dapat membantunya segera; beri tahu pelanggan bahwa Anda menerima pesan mereka dan kapan Anda tersedia. Bahkan dalam tekanan terbesar, Anda harus tetap ramah.

·         Terima tidak

Beri tahu pelanggan Anda, tetapi jangan memaksakan apa pun pada mereka. Jika Anda melihat bahwa pelanggan tidak ingin membeli meskipun ada argumen yang bagus, biarkan saja untuk sementara waktu. Mungkin dia akan membelinya nanti. Tetapi jika dia merasa tertekan atau - lebih buruk lagi - menyesali pembelian, pelanggan tidak akan kembali.

·         Bekerja secara proaktif untuk hubungan pelanggan yang baik

Jangan selalu menunggu pelanggan menghubungi. Tanyakan apakah, misalnya, janji temu atau hari libur nasional tertunda. Terkadang pelanggan tidak bisa memikirkannya karena semua pekerjaan. Dan berani mempertanyakan suatu tugas secara kritis. Orang-orang yang berpikir untuk diri mereka sendiri dan melakukan pekerjaan untuk Anda sangat berharga.

·         Buat pelanggan kita senang

Baik salam Natal, ulang tahun, atau musim semi: hadiah kecil – atau setidaknya kartu ucapan selamat – pertahankan hubungan pelanggan yang baik. Atau tawarkan sendiri diskon atau layanan tambahan gratis.

·         Menjalin hubungan

Dalam pemasaran konten, Anda harus selalu berhubungan dengan pelanggan atau pihak yang berkepentingan. Anda dapat mencapai ini, misalnya, melalui blog dengan informasi menarik reguler tentang industri Anda. Ini dapat berfungsi sebagai tutorial atau panduan. Di sini Anda akan menemukan informasi tentang cara membuat blog perusahaan . Idealnya, ini menciptakan dialog dengan kelompok sasaran Anda.

·         Menanggapi Keluhan

Hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan Anda tidak puas dan memberi tahu Anda, Anda harus segera bereaksi. Jika Anda mengabaikannya, Anda tidak hanya kehilangan dia sebagai calon pembeli tetap. Pelanggan mengeluh di lingkaran kenalannya dan dapat menyebabkan citra buruk perusahaan Anda.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved