• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Jualan online merupakan salah satu pilihan ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2022. Banyak orang bermimpi ingin mempunyai toko online serta memiliki banyak konsumen lalu mendapatkan pendapatan yang sangat besar dari bisnis digital tersebut.


Namun bagi pemula, memulai bisnis online mungkin bukan sesuatu hal yang mudah. Kamu mungkin akan terjebak pada pertanyaan-pertanyaan apa yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial atau dari mana harus mulai mencari tahu untuk memulai bisnis jualan online.


beberapa tips dan cara yang perlu diketahui tentang keberhasilan memulai bisnis jualan online.


1. Tentukan Ide Bisnis

Semua bisnis online berbasis rumah yang hebat dimulai dengan sebuah ide. Untuk menemukan ide, coba tanyakan pada diri sendiri mengenai keterampilan atau keahlian apa yang dimiliki dan bidang apa yang pernah dipelajari. 


Kamu bisa juga membaca peluang pasar dengan melihat apa yang dibutuhkan orang-orang.


2. Pilih Produk Apa yang Harus Dijual

Setelah melakukan penggodokkan ide untuk jenis bisnis apa yang dapat segera dimulai, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang harus dijual secara online. 


Misalnya, bisnis produk, layanan, atau jasa yang bisa dilakukan bermodal kemampuanmu.


3. Ingat! Patuhi Hukum

Sebelum meluncurkan bisnis online, Pastikan anda mematuhi hukum untuk menghindari denda atau masalah hukum, misalnya tidak boleh mencuri logo dari pedagang lain atau mematenkan merek dagang yang sudah ada. 


Penting bagi calon pengusaha untuk memeriksa persyaratan hukum negara sendiri untuk memulai bisnis karena undang-undang berbeda-beda dan sangat mungkin diperbaharui.


Anda bisa memanfaatkan Dinas Koperasi dan UMKM atau Dinas Ketenagakerjaan untuk memenuhi persyaratan administrasi sebelum membuka toko online.


4. Wajib Riset Pasar Online

Saat melakukan riset pasar online, calon pengusaha harus mengumpulkan informasi tentang pasar yang akan dimasuki, pesaing dan potensi pelanggan. 


Hal ini adalah langkah penting dalam memulai bisnis online karena akan membantu untuk menentukan apakah ada permintaan yang sehat untuk bisnis yang akan dijalankan.


5. Tentukan Target Audiens

Audiens target adalah sekelompok individu yang memiliki karakteristik atau kebutuhan serupa yang ingin dilayani oleh bisnis online anda. 


Oleh karena itu, kemungkinan besar mereka akan membeli produk atau layanan yang diperdagangkan. 


Adapun cara termudah untuk menentukan audiens target adalah dengan mengelompokkannya berdasarkan demografi.  

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved