• (024) 6723456
  • Rini@stekom.ac.id

Definisi Analisis Laporan Keuangan

Secara definisi, analisis laporan keuangan adalah proses mengevaluasi hubungan antara bagian-bagian komponen laporan keuangan yang mencakup neraca, laporan laba dan rugi, laporan arus kas, dan berbagai catatan tambahan lainnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang situasi keuangan sebuah entitas.

 

Analisis laporan keuangan internal biasanya dilakukan oleh karyawan, eksekutif, lembaga pemerintah, atau individu lain yang memiliki akses ke akuntansi internal perusahaan. Sedangkan, analisis laporan keuangan eksternal dilakukan oleh pihak independen seperti akuntan publik untuk dipublikasikan kepada investor, kreditur, pemerintah, lembaga keuangan, otoritas perpajakan, atau pihak eksternal lain yang membutuhkannya.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Pada dasarnya, tujuan utama dari analisis laporan keuangan adalah untuk memahami dan mendiagnosis informasi yang terkandung dalam laporan keuangan, dengan maksud untuk menilai profitabilitas dan kesehatan keuangan serta membuat perkiraan tentang prospek masa depan perusahaan.

 

Namun lebih luas dari pada itu, tujuan analisis keuangan tergantung pada siapa pihak yang tertarik serta apa kepentingannya. Berikut beberapa tujuan lain melakukan analisis laporan keuangan.

 

  1. Memprediksi prospek masa depan berdasarkan hasil tinjauan kinerja perusahaan di masa lalu, seperti profitabilitas, arus kas, laba atas investasi, biaya operasional, dan lain-lain.
  2. Meneliti profitabilitas saat ini dan efisiensi operasional perusahaan sehingga kesehatan keuangan bisa ditentukan.
  3. Menilai prospek pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan guna membantu pemangku kepentingan tertinggi untuk memprediksi dan menghindari kemungkinan terjadinya kebangkrutan.
  4. Membantu bank dan investor untuk menentukan apakah pinjaman atau bantuan keuangan dapat diberikan kepada perusahaan atau tidak.

Manfaat Analisis Laporan Keuangan

  1. Analisis laporan keuangan sangat penting, tidak hanya untuk mematuhi peraturan perundang-undangan bisnis saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan berbagai pihak dan pemangku kepentingan. Karenanya, untuk mengerjakan analisis laporan keuangan secara tepat dibutuhkan keterampilan, intuisi, dan praktik akuntansi terbaik.

     

    Berikut beberapa manfaat utama analisis laporan keuangan pada perusahaan.

     

    1. Membantu stakeholder internal dan eksternal untuk membuat keputusan yang tepat mengenai investasi berdasarkan pendapatan perusahaan dan profitabilitas masa depan.
    2. Memberikan pandangan yang objektif tentang solvabilitas dan kesehatan keuangan perusahaan bagi lembaga keuangan untuk menentukan keputusan pinjaman.
    3. Sebagai penggambaran secara akurat mengenai efisiensi operasional dan kemajuan yang dihasilkan perusahaan berdasarkan keputusan yang dibuat di masa lalu oleh para pemangku kepentingan.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved